Kompas TV video cerita indonesia

Aquaponik, Budidaya Ikan dan Tanaman Dari Limbah

Kompas.tv - 11 Agustus 2020, 15:48 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPASTV - Unit relawan cepat sungai Andai membangun budidaya ikan dan tanaman melalui media aquaponik.

Budidaya ini menjadi pilihan mereka dalam memanfaatkan limbah dari bank sampah Bahe Mart yang dimiliki warga Jeruk Purut, Kelurahan Sungai Andai, Banjarmasin.

Sistem Aquaponik yang menggabungkan budidaya ikan dan tanaman menjadi pilihan unit relawan cepat kebersihan sungai Andai dalam memanfaatkan limbah dari bank sampah bahe mart yang dimiliki warga Jeruk Purut, Kelurahan Sungai Andai, Banjarmasin.

Bermodalkan lahan sempit berukuran 3 kali 6 meter mereka sulap menjadi kolam ikan dari jaring yang dipenuhi dengan ratusan ikan lele dan gurame secara terpisah.

Sementara di atas kolam diberdayakan untuk budi daya aneka tanaman sayuran seperti sawi dan brokoli di dalam gelas dan botol bekas air mineral.

Budidaya ikan dan tanaman ini sudah dijalankan sejak awal april lalu, perawatannya cukup mudah karena hanya perlu menyiapkan pakan ikan serta pompa untuk mengaliri kolam dan sayuran akan mendapatkan asupan nutrisi secara langsung dari kotoran ikan di kolam.

Hasil penjualannya  nanti akan  diperuntukkan bagi kebutuhan sehari-hari para relawan di tengah pandemi. Bahkan, jika sudah panen para relawan bisa membawa pulang ikannya secara langsung untuk disantap bersama keluarga.

Budidaya ikan dan tanaman melalui media aquaponik oleh unit relawan cepat sungai Andai ini tentunyan bisa menjadi contoh lingkungan lain agar bisa memanfaatkan limbah sampah menjadi memiliki nilai jual.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x