Kompas TV klik360 cerita indonesia

Aquaponik, Budidaya Ikan dan Tanaman Dari Limbah

Selasa, 11 Agustus 2020 | 15:48 WIB

JAKARTA, KOMPASTV - Unit relawan cepat sungai Andai membangun budidaya ikan dan tanaman melalui media aquaponik.

Budidaya ini menjadi pilihan mereka dalam memanfaatkan limbah dari bank sampah Bahe Mart yang dimiliki warga Jeruk Purut, Kelurahan Sungai Andai, Banjarmasin.

Sistem Aquaponik yang menggabungkan budidaya ikan dan tanaman menjadi pilihan unit relawan cepat kebersihan sungai Andai dalam memanfaatkan limbah dari bank sampah bahe mart yang dimiliki warga Jeruk Purut, Kelurahan Sungai Andai, Banjarmasin.

Bermodalkan lahan sempit berukuran 3 kali 6 meter mereka sulap menjadi kolam ikan dari jaring yang dipenuhi dengan ratusan ikan lele dan gurame secara terpisah.

Sementara di atas kolam diberdayakan untuk budi daya aneka tanaman sayuran seperti sawi dan brokoli di dalam gelas dan botol bekas air mineral.

Budidaya ikan dan tanaman ini sudah dijalankan sejak awal april lalu, perawatannya cukup mudah karena hanya perlu menyiapkan pakan ikan serta pompa untuk mengaliri kolam dan sayuran akan mendapatkan asupan nutrisi secara langsung dari kotoran ikan di kolam.

Hasil penjualannya  nanti akan  diperuntukkan bagi kebutuhan sehari-hari para relawan di tengah pandemi. Bahkan, jika sudah panen para relawan bisa membawa pulang ikannya secara langsung untuk disantap bersama keluarga.

Budidaya ikan dan tanaman melalui media aquaponik oleh unit relawan cepat sungai Andai ini tentunyan bisa menjadi contoh lingkungan lain agar bisa memanfaatkan limbah sampah menjadi memiliki nilai jual.

Editor : Theo Reza



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:35
PEMKOT SURAKARTA RENOVASI BERTAHAP LAPANGAN PENDUKUNG UNTUK LATIHAN TIM PESERTA PIALA DUNIA U-20 PADA 2021   BEA CUKAI KANWIL BANTEN SITA 3,32 JUTA BATANG ROKOK ILEGAL   GUGUS TUGAS COVID-19 SURABAYA: MASKER SCUBA TAK EFEKTIF MENANGKAL PENYEBARAN COVID-19   PEMKOT SURABAYA IMBAU WARGA TAK PAKAI MASKER SCUBA   GUBERNUR JAWA TIMUR SIAPKAN PEMBENTUKAN RUMAH SAKIT LAPANGAN DI MALANG   ANTISIPASI LONJAKAN KASUS KORONA, MENKES MINTA PEMDA SIAPKAN PENDIRIAN RUMAH SAKIT LAPANGAN   KETUM PARTAI GERINDRA PRABOWO SUBIANTO TUNJUK SUFMI DASCO AHMAD SEBAGAI KETUA HARIAN DPP PERIODE 2020-2025   MENHUB SEBUT SUBSIDI TRANSPORTASI BERBASIS BUS DENGAN SKEMA "BUY THE SERVICE" AKAN BERSIFAT "MULTIYEARS"   MENHUB AJAK SWASTA BERINVESTASI DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBANGUNAN DAN PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR   PEMPROV SUMSEL: JEMBATAN BAHTERA SRIWIJAYA MERUPAKAN INFRASTRUKTUR PENGHUBUNG PROVINSI SUMSEL DAN BABEL   PEMPROV SUMATERA SELATAN DAN BANGKA BELITUNG SEPAKATI LOKASI JEMBATAN BAHTERA SRIWIJAYA   KPU KALIMANTAN SELATAN INGATKAN PASLON PERKUAT KAMPANYE DARING   KPU MAMUJU, SULAWESI BARAT, MINTA MASYARAKAT PEMILIH TIDAK JUAL SUARA PADA PILKADA 2020   DORONG PENGEMBANGAN SAPI UNGGUL, MENTAN BERENCANA PERBANYAK BALAI EMBRIO