Kompas TV klik360 cerita indonesia

Amerika Negara Terdampak Paling Parah Covid, Padahal Teknologi Paling Maju, Ini Kata SBY

Selasa, 11 Agustus 2020 | 12:40 WIB

JAKARTA, KOMPASTV – Mantan Presiden Republik Indonesia berkomentar terkait pandemi Covid-19 yang menyerang Amerika.

Menurut SBY, Amerika adalah negara yang memiliki perekonomian yang paling kuat, teknologi paling maju dengan jumlah dokter, ilmuan yang banyak.

Meski demikian, Amerika justru menjadi negara yang terparah yang terinfeksi Covid-19. Hingga saat ini (11/8), lebih dari 5,2 juta warga terserang Covid-19.

“Saya tidak tahu persis, dari pada salah nanti. Coba dilihat bareng-bareng, saya siang, malam, pagi mengikuti what’s going on in the US hingga hari ini. Coba dilihat, apakah bagus atau harmonis hubungan antara pemimpin politik dengan para dokter, para ahli pandemik, para ilmuwan, klop tidak?”, ujar SBY saat memberikan keterangan pers (10/8).

Baca Juga: Krisis Ekonomi di Depan Mata, SBY Minta Warga Tak Salahkan Presiden

SBY juga mengomentari soal kepemimpinan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Menurutnya, hal tersebut perlu dilihat dan dievaluasi lebih lanjut.

“Bagaimana hubungan Presiden Trump dengan para gubernur dan wali kota? Sering cek cok. Lantas, konsisten tidak policynya? Messagesnya itu membingungkan tidak? Kalau ada mixed messages ya bingung rakyatnya. Buka atau tutup? Tutup atau buka?” pungkasnya.

Selain itu, ia juga menyoroti faktor sosial budaya masyarakat Amerika yang memiliki kebebasan untuk berpendapat dan berekspresi.

“Kemudian saya tidak tahu, apakah karena Amerika punya freedom, dia punya hak untuk memilih jalan hidupnya, mungkin juga tidak semua bisa keluar dari comfort zone mereka, sehingga disuruh tutup lock down, unjuk rasa dan sebagainya. Atau ada faktor leadership, kita tidak tahu”.

Editor : Abdur Rahim



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:49
BANGUN 23 TITIK SUPER WIFI DI LABUAN BAJO, MENKOMINFO JOHNNY G PLATE SEBUT JANGKAUANNYA MENCAPAI RADIUS 500 METER   JAKSA AKUI MASIH SELIDIKI BERKAS PERKARA KASUS DUGAAN SUAP PENGHAPUSAN “RED NOTICE” DJOKO TJANDRA   KEMNAKER OPTIMISTIS “OMNIBUS LAW” RUU CIPTA KERJA AKAN MENGHADIRKAN PERLINDUNGAN LEBIH BAGI PARA PEKERJA   KONFEDERASI PERSATUAN BURUH INDONESIA MINTA PRESIDEN JOKOWI MENGHENTIKAN PEMBAHASAN OMNIBUS LAW RUU CIPTA KERJA   KOMISI X DPR SEBUT KLASTER PENDIDIKAN DITARIK DARI RUU CIPTA KERJA KARENA BANYAK PENOLAKAN DARI BERBAGAI PIHAK   BADAN ANGGARAN DPR SEPAKAT RAPBN 2021 DIBAWA KE SIDANG PARIPURNA   KEMENPAREKRAF SIAPKAN SEJUMLAH STRATEGI PENANGANAN COVID-19 DAN PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL DI SEKTOR PARIWISATA   KOMISIONER KPU IMBAU SEMUA PIHAK YANG TERLIBAT PILKADA PATUHI PROTOKOL KESEHATAN PENCEGAHAN COVID-19   KAMPANYE PILKADA AKAN DIMULAI 26 SEPTEMBER 2020 DAN BERAKHIR PADA 5 DESEMBER 2020   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA: 208 TEMPAT USAHA DI JAKARTA DITUTUP SEMENTARA KARENA LANGGAR PROTOKOL KESEHATAN    PEMPROV DKI JAKARTA AKAN LIBATKAN 26 RUMAH SAKIT SWASTA MENJADI RUMAH SAKIT RUJUKAN PENANGGULANGAN COVID-19   MENTERI PPPA MINTA MASYARAKAT TETAP GUNAKAN MASKER DI RUMAH UNTUK CEGAH PENULARAN COVID-19 DI LINGKUNGAN KELUARGA   MENTERI PPPA SEBUT PIHAKNYA TENGAH MENYUSUN PROTOKOL KESEHATAN UNTUK PENCEGAHAN COVID-19 DI LINGKUP KELUARGA   MENTERI AIRLANGGA HARTARTO: PEMERINTAH TENGAH MERANCANG PERPRES & PETA JALAN TERKAIT DISTRIBUSI VAKSIN COVID-19