Kompas TV video cerita indonesia

Krisis Ekonomi di Depan Mata, SBY Minta Warga Tak Salahkan Presiden

Kompas.tv - 11 Agustus 2020, 12:10 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPASTV – Mantan Presiden Republik Indonesia meminta rakyat tak menyalahkan Presiden dan pemerintah apabila Indonesia mengalami krisis ekonomi ke depan.

Hal ini diungkapkan SBY saat launching dua buku monograf di Cikeas.

SBY menyebut, pandemi tak hanya menjadi permasalahan Indonesia, melainkan seluruh dunia.

“Jadi jangan salahkan Presiden Jokowi, jangan salahkan pemerintah kenapa Indonesia mengalami krisis ekonomi. Karena secara global, sertaan dari pandemi Covid-19 ini adalah gejolak bahkan krisis ekonomi, semua mengalami” ujar SBY saat membedah buku (10/8/2020).

Baca Juga: [FULL] SBY Komentar Soal Penanganan Corona di Indonesia dan Dunia

Meski demikian, ia meminta pemerintah untuk mengambil langkah yang tepat untuk dapat keluar dari ancaman krisi yang berada di depan mata.

Menurutnya, kebijakan yang diambil akan menentukan keberhasilan bangsa dalam menghadapi pandemi. 

“Yang penting, setelah pemerintah tahu datang pukulan ekonomi, ya do something, lakukan langkah-langkah yang tepat, kebijakan yang tepat, aksi nyata” pungkasnya.

SBY menambahkan, sebelum adanya pandemi, situasi Indonesia memang sudah mengalami tekanan ekonomi beberapa tahun terakhir.

“Kita tahu misalkan, tekanan terhadap pertumbuhan, hutang BUMN dan hutang pemerintah lumayan besar, lantas ada persoalan dengan daya beli, ada persoalan dengan penghasilan rakyat, ada persoalan dengan employment”



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x