Kompas TV klik360 cerita indonesia

[FULL] SBY Komentar Soal Penanganan Corona di Indonesia dan Dunia

Selasa, 11 Agustus 2020 | 11:52 WIB

JAKARTA, KOMPASTV – Presiden Republik Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkomentar pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia.

Pandemi ini telah menyebabkan pelemahan dunia dalam berbagai bidang, terutama kesehatan dan ekonomi.

Antara kesehatan dan ekonomi sering disebut sebagai sebuah hal yang dilematis. Meski demikian, SBY yakin, keduanya dapat sama-sama diselamatkan.

 “it’s not dillema, dan kemudian sebetulnya sangat bisa dilakukan secara bersamaan, tentu dengan strategi yang tepat, dengan kebijakan yang tepat, dengan aksi yang tepat pula. Inilah tesis utama dari buku yang saya tulis itu” ujar SBY saat launching2  buku monogranya di Cikeas (10/8/2020).  

Baca Juga: SBY: Ini Kunci Keberhasilan Atasi Covid-19

Menurut SBY, kunci utama agar berhasil dalam menangani masalah pandemi ini adalah menentukan skala prioritas.

“first thing first, kontrol pandemi ini. Control this desease. Yang zona merah segera ubah jadi kuning satu dua bulan ini. Yang kuning menjadi hijau 1, 2 bulan ini misalnya”, pungkasnya.

Menurutnya, apabila pandemi dapat ditekan dengan baik, ekonomi dengan sendirinya akan turut membaik.

“Dengan demikian itu dulu. Karena ekonomi akan segera merapat melengkapi, menyusul. Prioritas itu berkaitan dengan strategi” tambahnya.

Hingga saat ini, belum ada tanda-tanda pandemi Covid-19 akan segera berakhir.

Meski demikian, vaksin saat ini sudah memasuki uji klinis tahap 3, yang merupakan tahap akhir.

Jika tak ada halangan, pada Januari 2020, vaksin sudah dapat digunakan dan diproduksi massal. 

Editor : Abdur Rahim



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:31
BANGUN 23 TITIK SUPER WIFI DI LABUAN BAJO, MENKOMINFO JOHNNY G PLATE SEBUT JANGKAUANNYA MENCAPAI RADIUS 500 METER   JAKSA AKUI MASIH SELIDIKI BERKAS PERKARA KASUS DUGAAN SUAP PENGHAPUSAN “RED NOTICE” DJOKO TJANDRA   KEMNAKER OPTIMISTIS “OMNIBUS LAW” RUU CIPTA KERJA AKAN MENGHADIRKAN PERLINDUNGAN LEBIH BAGI PARA PEKERJA   KONFEDERASI PERSATUAN BURUH INDONESIA MINTA PRESIDEN JOKOWI MENGHENTIKAN PEMBAHASAN OMNIBUS LAW RUU CIPTA KERJA   KOMISI X DPR SEBUT KLASTER PENDIDIKAN DITARIK DARI RUU CIPTA KERJA KARENA BANYAK PENOLAKAN DARI BERBAGAI PIHAK   BADAN ANGGARAN DPR SEPAKAT RAPBN 2021 DIBAWA KE SIDANG PARIPURNA   KEMENPAREKRAF SIAPKAN SEJUMLAH STRATEGI PENANGANAN COVID-19 DAN PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL DI SEKTOR PARIWISATA   KOMISIONER KPU IMBAU SEMUA PIHAK YANG TERLIBAT PILKADA PATUHI PROTOKOL KESEHATAN PENCEGAHAN COVID-19   KAMPANYE PILKADA AKAN DIMULAI 26 SEPTEMBER 2020 DAN BERAKHIR PADA 5 DESEMBER 2020   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA: 208 TEMPAT USAHA DI JAKARTA DITUTUP SEMENTARA KARENA LANGGAR PROTOKOL KESEHATAN    PEMPROV DKI JAKARTA AKAN LIBATKAN 26 RUMAH SAKIT SWASTA MENJADI RUMAH SAKIT RUJUKAN PENANGGULANGAN COVID-19   MENTERI PPPA MINTA MASYARAKAT TETAP GUNAKAN MASKER DI RUMAH UNTUK CEGAH PENULARAN COVID-19 DI LINGKUNGAN KELUARGA   MENTERI PPPA SEBUT PIHAKNYA TENGAH MENYUSUN PROTOKOL KESEHATAN UNTUK PENCEGAHAN COVID-19 DI LINGKUP KELUARGA   MENTERI AIRLANGGA HARTARTO: PEMERINTAH TENGAH MERANCANG PERPRES & PETA JALAN TERKAIT DISTRIBUSI VAKSIN COVID-19