Kompas TV regional peristiwa

Gunung Sinabung Kembali Meletus, Status Masih Siaga

Senin, 10 Agustus 2020 | 22:00 WIB
gunung-sinabung-kembali-meletus-status-masih-siaga
Letusan Gunung Sinabung. (Sumber: Dok PVMBG)

KARO, KOMPAS.TV - Pada pagi tadi, sekitar pukul 10.16 WIB, Gunung Sinabung kembali meletus. Meski terjadi letusan, status gunung api tersebut berada pada Level III atau Siaga.

Berdasarkan laporan Pos Pengamatan Gunung Sinabung Badan Geologi dan PVMBG, seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (10/8/2020), tinggi kolom abu teramati lebih kurang 5.000 meter di atas puncak atau sekitar 7.460 meteri dari atas permukaan laut.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani, saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (8/8/2020).

Namun begitu, status Gunung Sinabung masih berada di Level Siaga. Status Gunung Sinabung belum berubah sejak Mei 2019 lalu.

Baca Juga: Curhat Petani Karo Yang Terancam Gagal Panen Karena Erupsi Gunung Sinabung

Rekomendasi PVMBG untuk Masyarakat Karo
Pasca erupsi ini, PVMBG memberikan rekomendasi bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Sinabung. Rekomendasi ini juga berlaku untuk pengunjung dan wisatawan yang berada di sana.

Pertama, masyarakat sekitar dan pengunjung atau wisatawan diminta tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi dan lokasi dalam radius 3 kilometer dari puncak Gunung Sinabung.

Editor : Hariyanto Kurniawan

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:36
PEMKOT SURAKARTA RENOVASI BERTAHAP LAPANGAN PENDUKUNG UNTUK LATIHAN TIM PESERTA PIALA DUNIA U-20 PADA 2021   BEA CUKAI KANWIL BANTEN SITA 3,32 JUTA BATANG ROKOK ILEGAL   GUGUS TUGAS COVID-19 SURABAYA: MASKER SCUBA TAK EFEKTIF MENANGKAL PENYEBARAN COVID-19   PEMKOT SURABAYA IMBAU WARGA TAK PAKAI MASKER SCUBA   GUBERNUR JAWA TIMUR SIAPKAN PEMBENTUKAN RUMAH SAKIT LAPANGAN DI MALANG   ANTISIPASI LONJAKAN KASUS KORONA, MENKES MINTA PEMDA SIAPKAN PENDIRIAN RUMAH SAKIT LAPANGAN   KETUM PARTAI GERINDRA PRABOWO SUBIANTO TUNJUK SUFMI DASCO AHMAD SEBAGAI KETUA HARIAN DPP PERIODE 2020-2025   MENHUB SEBUT SUBSIDI TRANSPORTASI BERBASIS BUS DENGAN SKEMA "BUY THE SERVICE" AKAN BERSIFAT "MULTIYEARS"   MENHUB AJAK SWASTA BERINVESTASI DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBANGUNAN DAN PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR   PEMPROV SUMSEL: JEMBATAN BAHTERA SRIWIJAYA MERUPAKAN INFRASTRUKTUR PENGHUBUNG PROVINSI SUMSEL DAN BABEL   PEMPROV SUMATERA SELATAN DAN BANGKA BELITUNG SEPAKATI LOKASI JEMBATAN BAHTERA SRIWIJAYA   KPU KALIMANTAN SELATAN INGATKAN PASLON PERKUAT KAMPANYE DARING   KPU MAMUJU, SULAWESI BARAT, MINTA MASYARAKAT PEMILIH TIDAK JUAL SUARA PADA PILKADA 2020   DORONG PENGEMBANGAN SAPI UNGGUL, MENTAN BERENCANA PERBANYAK BALAI EMBRIO