Kompas TV regional peristiwa

Gunung Sinabung Kembali Meletus, Status Masih Siaga

Kompas.tv - 10 Agustus 2020, 22:00 WIB
gunung-sinabung-kembali-meletus-status-masih-siaga
Letusan Gunung Sinabung. (Sumber: Dok PVMBG)

KARO, KOMPAS.TV - Pada pagi tadi, sekitar pukul 10.16 WIB, Gunung Sinabung kembali meletus. Meski terjadi letusan, status gunung api tersebut berada pada Level III atau Siaga.

Berdasarkan laporan Pos Pengamatan Gunung Sinabung Badan Geologi dan PVMBG, seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (10/8/2020), tinggi kolom abu teramati lebih kurang 5.000 meter di atas puncak atau sekitar 7.460 meteri dari atas permukaan laut.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani, saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (8/8/2020).

Namun begitu, status Gunung Sinabung masih berada di Level Siaga. Status Gunung Sinabung belum berubah sejak Mei 2019 lalu.

Baca Juga: Curhat Petani Karo Yang Terancam Gagal Panen Karena Erupsi Gunung Sinabung

Rekomendasi PVMBG untuk Masyarakat Karo
Pasca erupsi ini, PVMBG memberikan rekomendasi bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Sinabung. Rekomendasi ini juga berlaku untuk pengunjung dan wisatawan yang berada di sana.

Pertama, masyarakat sekitar dan pengunjung atau wisatawan diminta tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi dan lokasi dalam radius 3 kilometer dari puncak Gunung Sinabung.

Selain itu juga, radius sektoral 5 kilometer untuk sektor selatan-timur, dan 4 kilometer untuk sektor timur-utara. 

Baca Juga: Ini Yang Berlaku di Zona Merah Gunung Sinabung

Kedua, jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker saat ke luar rumah. Hal ini penting dilakukan untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. 

Masyarakat juga diminta mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat, agar tidak menyebabkan kerusakan pada bangunan rumah.

Ketiga, masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung diingatkan untuk tetap waspada terhadap bahaya lahar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x