Kompas TV regional berita daerah

Meraih Keuntungan Dari Media Tanam Baglog

Senin, 10 Agustus 2020 | 21:35 WIB

SEMARANG, KOMPAS.TV - Hampir setiap hari, Joko Adi bersama sejumlah pekerjanya sibuk membuat baglog atau media tanam jamur. Untuk membuat baglog ini sebenarnya sangat sederhana, dengan bahan dasar yang mudah didapatkan seperti serbuk kayu, bekatul, kapur dan tetes tebu.

 

Disini Joko Adi hanya membuat tempat atau media tanamnya saja, sudah laku di jual atau di pesan. Untuk setiap harinya ia dapat memproduksi 1000 buah baglog, yang kemudian disetorkan ke para petani jamur di Semarang dan sekitarnya.

 

Untuk setiap baglog di hargai 2200 sementara ongkos produksinya hanya 1500, artinya Joko Adi akan menerima keuntungan 700 rupiah ber -baglog setiap harinya.

 

Sementara itu Ali Akbar Masdik kepala Kelurahan Srondol Wetan yang tengah melihat usaha baglog mengaku bangga dengan warganya yang telah menumbuhkan UMKM secara mandiri.

 

Tidak hanya meraup keuntungan dari jualan baglog, Joko Adi juga mendapat keuntungan dari hasil pemasaran jamur hasil panen petani. Joko Adi diberi kuasa penuh oleh petani jamur untuk memasarkan hasil panen jamurnya. Selama ini sudah ada 30 petani jamur yang telah bekerja sama dengan dirinya. Diupayakan kerjasama akan ditingkatkan kedepannya.


#Baglog #Semarang

Editor : KompasTV Pekalongan



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:06
PANDEMI KORONA, PEMKAB PROBOLINGGO WAJIBKAN PABRIK SEDIAKAN RUMAH SEHAT   KPU USUL PERPPU BARU PILKADA ATUR KONSER KAMPANYE SECARA DARING   KEMENHUB SEBUT SANKSI BAGI PESEPEDA YANG LANGGAR ATURAN AKAN DITENTUKAN PEMDA   PEMKOT SURAKARTA RENOVASI BERTAHAP LAPANGAN PENDUKUNG UNTUK LATIHAN TIM PESERTA PIALA DUNIA U-20 PADA 2021   PEMKAB GARUT SIAPKAN PEMAKAMAN UMUM DI KAMPUNG SANTIONG UNTUK JENAZAH PASIEN POSITIF COVID-19   BEA CUKAI KANWIL BANTEN SITA 3,32 JUTA BATANG ROKOK ILEGAL   KOMISI X DPR: SEJARAH HARUS TETAP JADI MATA PELAJARAN WAJIB BAGI SISWA DI SEKOLAH   BKKBN APRESIASI PROGRAM INOVASI POSYANDU KELUARGA YANG DIMILIKI PEMPROV NUSA TENGGARA BARAT   PANDEMI KORONA, GUBERNUR JATIM SIAPKAN PEMBENTUKAN RUMAH SAKIT LAPANGAN DI MALANG    TINGKATKAN PENDAPATAN PETANI, PEMKAB MALANG, JATIM, DORONG INOVASI DI SEKTOR PERTANIAN   2 PEDAGANG POSITIF COVID-19, PEMKAB TEGAL TUTUP SEMENTARA PASAR TRAYEMAN SLAWI SELAMA 3 HARI    PILKADA 2020, KETUA DPR MINTA KPU DAN BAWASLU SOSIALISASIKAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 SECARA RINCI DAN MASIF   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL, AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL   BACA ANALISIS ISU TERKINI + RIBUAN E-BOOK DIGITAL PILIHAN. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL