Kompas TV regional berita daerah

Warga Atasi Dampak Pandemi Covid-19 dengan Membangun Lumbung Pangan Mandiri

Senin, 10 Agustus 2020 | 12:00 WIB

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Berbagai cara dilakukan warga Kabupaten Lumajang Jawa Timur untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19, yakni dengan bersedekah secara sukarela dan bergotong royong membangun lumbung pangan secara mandiri.

Adalah warga RW 15 dan 16 Desa Senduro Kecamatan Senduro, yang secara bersama-sama mengatasi dampak pandemi Covid-19. Warga kampung ini kompak menerapkan protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, menyediakan tempat cuci tangan di depan rumah, hingga menyediakan rumah karantina.

Baca Juga: Jokowi dan Prabowo Kunjungi 2 Lumbung Pangan dan Posko Penanganan Corona

Uniknya, warga disini juga menggalakkan program sedekah lingkungan, dimana setiap warga secara sukarela memberikan sedekah di tempat yang sudah disediakan, mulai dari kebutuhan pokok, sayur mayur dan kebutuhan dapur lainnya.

Ketua RW 16, Hendri Purwoko meminta setiap warga di kampungnya untuk menaruh sumbangan seikhlasnya dan bagi warga yang membutuhkan diharapkan mengambil secukupnya.

Mereka juga bergotong royong mambuat lumbung pangan dengan menanam sayur mayur di depan rumah mereka dan memelihara ikan tawar.

Di Kecamatan Senduro sendiri, warganya saat ini masih belum ada yang terkonfirmasi positif Covid-19 atau masih zona hijau.

 

#LumbungPangan #KampungTangguh #Lumajang

Editor : KompasTV Jember



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:16
MENKOMINFO MINTA PEMBLOKIRAN BERITA BOHONG DI RUANG DIGITAL JANGAN DIARTIKAN ANTIDEMOKRASI   PEMKOT SOLO TETAPKAN UPAH MINIMUM KOTA TAHUN 2021 SEBESAR RP 2.013.810 ATAU NAIK 2,94 PERSEN    KEMENPAN RB: SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA BISA DIIKUTI GURU HONORER BERUSIA 20-59 TAHUN    KEMENPAN RB MENCATAT 174.077 FORMASI GURU DIUSULKAN PEMDA JADI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA   KETUA SUKARELAWAN SATGAS PENANGANAN COVID-19 MINTA TOKOH MASYARAKAT JADI PANUTAN TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   KEPALA BPOM PENNY LUKITO MENYATAKAN ASPEK KEAMANAN DARI UJI KLINIS VAKSIN SINOVAC BERJALAN BAIK   GUBERNUR ANIES BASWEDAN AKAN KAJI KEBIJAKAN BELAJAR-MENGAJAR TATAP MUKA PADA DESEMBER   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA: TOLAK TES USAP COVID-19 TERANCAM DENDA HINGGA RP 7 JUTA   SIDANG PERDANA UJI MATERI UU CIPTA KERJA YANG DIAJUKAN KSPI DAN KSPSI DIGELAR SELASA, 24 NOVEMBER 2020   GUBERNUR RIDWAN KAMIL BERI TEGURAN BUPATI BOGOR ADE YASIN SOAL KERUMUNAN DI ACARA RIZIEQ SHIHAB   PASIEN COVID-19 MENINGKAT, DIRUT RSUD TARAKAN MENGATAKAN RUANG ISOLASI KELEBIHAN KAPASITAS   DIRUT RSUD TARAKAN, KALTARA, M HASBI HASYIM SEBUT DARI 325 TENAGA KESEHATAN, 88 TERKONFIRMASI POSITIF KORONA   DISPAREKRAF DKI JAKARTA MENCATAT 1.557 PERUSAHAAN TELAH MENDAFTAR UNTUK MENDAPAT DANA HIBAH PARIWISATA   TIDAK PUNYA ANGGARAN, 120 KELURAHAN DI GUNUNG KIDUL STOP SALURKAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA