Kompas TV regional berita daerah

Warga Atasi Dampak Pandemi Covid-19 dengan Membangun Lumbung Pangan Mandiri

Kompas.tv - 10 Agustus 2020, 12:00 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Berbagai cara dilakukan warga Kabupaten Lumajang Jawa Timur untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19, yakni dengan bersedekah secara sukarela dan bergotong royong membangun lumbung pangan secara mandiri.

Adalah warga RW 15 dan 16 Desa Senduro Kecamatan Senduro, yang secara bersama-sama mengatasi dampak pandemi Covid-19. Warga kampung ini kompak menerapkan protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, menyediakan tempat cuci tangan di depan rumah, hingga menyediakan rumah karantina.

Baca Juga: Jokowi dan Prabowo Kunjungi 2 Lumbung Pangan dan Posko Penanganan Corona

Uniknya, warga disini juga menggalakkan program sedekah lingkungan, dimana setiap warga secara sukarela memberikan sedekah di tempat yang sudah disediakan, mulai dari kebutuhan pokok, sayur mayur dan kebutuhan dapur lainnya.

Ketua RW 16, Hendri Purwoko meminta setiap warga di kampungnya untuk menaruh sumbangan seikhlasnya dan bagi warga yang membutuhkan diharapkan mengambil secukupnya.

Mereka juga bergotong royong mambuat lumbung pangan dengan menanam sayur mayur di depan rumah mereka dan memelihara ikan tawar.

Di Kecamatan Senduro sendiri, warganya saat ini masih belum ada yang terkonfirmasi positif Covid-19 atau masih zona hijau.

 

#LumbungPangan #KampungTangguh #Lumajang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x