Kompas TV video cerita indonesia

Ditahan, Anita Kolopaking Ajukan Praperadilan

Kompas.tv - 9 Agustus 2020, 16:32 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking mengajukan gugatan praperadilan atas penahanannya di Bareskrim Polri.

Penahahan tersebut menyusul status Anita Kolopaking sebagai tersangka kasus pelarian Djoko Tjandra.

Juru bicara Tim Advokat Pembela Anita Dewi Kolopaking, Tito Hananta Kusuma menyatakan pihaknya keberatan dengan penahanan terhadap kliennya yang dilakukan penyidik Bareskrim Polri.

Baca Juga: Resmi Ditahan! Penyidik Ajukan 55 Pertanyaan untuk Pengacara Djoko Tjandra Anita Kolopaking

"Ibu Anita Dewi Kolopaking telah menandatangani Berita Acara Penolakan Penahanan karena tidak terima dengan penahanan yang dilakukan terhadap dirinya. Kami sudah mendaftarkan gugatan praperadilan ke pengadilan negeri terhadap upaya penahanan tersebut," kata Tito dalam keterangannya, Minggu (9/8/2020).

Menurutnya, penahanan itu seharusnya tidak perlu dilakukan oleh penyidik. Sebab, kata dia, Anita selama ini kooperatif dan menjamin bahwa kliennya tidak akan melarikan diri serta tidak menghilangkan barang bukti.

"Tetapi kenapa penahanan tetap dilakukan? Jadi kami melakukan upaya praperadilan untuk menguji penetapan tersangka dan penahanan terhadap Ibu Anita Dewi Kolopaking," pungkasnya.

Baca Juga: Alasan Polisi Menahan Anita Kolopaking: Agar Tidak Menghilangkan Barang Bukti

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x