Kompas TV TALKSHOW rosi

BLT Jadi Pilihan Tepat Tangani Kesulitan Ekonomi Rakyat Dimasa Pandemi? - ROSI

Sabtu, 8 Agustus 2020 | 20:56 WIB

KOMPAS.TV - Menurut Menteri Sosial Juliari Batubara, bansos yang berupa bantuan langsung tunai atau BLT diberikan kepada rakyat tidak serta merta secara langsung bisa menjadi obat instan bagi daya beli yang anjlok.

Pemerintah harus memastikan agar sisi demand atau permintaan dan supply atau kesediaan barang yang diminta harus seimbang. Sedangkan pemberian BLT yang dilakukan di awal penanggulangan pandemi, hanya berfokus pada sisi demand.

Karena kala itu dengan pembatasan yang dilakukan di masa PSBB saat awal pandemi, otomatis membuat daya beli menurun, yang disebabkan tidak adanya aktivitas ekonomi.

Menteri Sosial, Juliari Batubara, berharap dengan mulai dilonggarkannya aktivitas ekonomi di masa transisi ini, bisa tercipta kembali keseimbangan demand dan supply sehingga ekonomi pun segera pulih.

Mensos juga memastikan, walaupun aktivitas ekonomi sudah perlahan dibuka, program-program jaringan pengamanan sosial akan tetap dijalankan sampai akhir tahun 2020. Bahkan program jaringan pengaman sosial yang baru akan dilaksanakan secara masif menyentuh mereka yang belum mendapatkan.

Sebelumnya, ekonom Chatib Basri mengusulkan agar pemerintah langsung mengguyurkan bantuan langsung tunai atau BLT kepada masayarkat miskin dan menengah sebagai solusi bagi rakyat hadapi kesulitan ekonomi.

Selengkapnya, hanya di dialog Rosianna Silalahi bersama Ida Fauziyah (Menteri Ketenagakerjaan), Juliari Batubara (Menteri Sosial), dan Sis Apik Wijayanto (Direktur Hubungan Lembaga BNI) dalam Talkshow ROSI episode Diguncang Resesi, Kita Bisa Apa? Tayang 6 Agustus 2020 WIB di Kompas TV Independen Tepercaya.

Jangan lewatkan dialog seru lainnya di program ROSI setiap hari Kamis pukul 20.00 WIB hanya di @kompastv. Independen Tepercaya.

Dan follow akun Instagram talkshow ROSI @rosi_kompastv juga Twitter di @Rosi_KompasTV.

#RosiKompasTV #TalkshowRosi #Rosi #KompasTV #Talkshow

Editor : Novian Zainul Arifin



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Aksi Massa Tuntut Erick Thohir Mundur

Kamis, 24 September 2020 | 03:57 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
05:12
KEMENLU TIONGKOK: KERJA PAKSA ADALAH KEBOHONGAN YANG DIBUAT-BUAT OLEH ORGANISASI DAN INDIVIDU BARAT   KEMENLU TIONGKOK: URUSAN XINJIANG MURNI URUSAN DALAM NEGERI, AMERIKA SERIKAT TAK BERHAK IKUT CAMPUR   KEMENLU TIONGKOK SAMPAIKAN KEMARAHAN ATAS TINDAKAN AMERIKA SERIKAT YANG MELARANG IMPOR DARI XINJIANG   MENDAGRI IMBAU CAMAT DI ZONA HIJAU COVID-19 TIDAK TERLENA KARENA VIRUS KORONA MEMILIKI PENULARAN YANG SANGAT TINGGI   PEMKOT JAKARTA PUSAT SEBUT ADA 34 TEMPAT PENAMPUNGAN YANG DISIAPKAN ANTISIPASI BANJIR   PEMKOT JAKPUS TAMBAHKAN DUA KALI LIPAT TEMPAT PENAMPUNGAN PENGUNGSI BANJIR SAAT PANDEMI COVID-19   SEBUT KPU AKAN AJUKAN PERATURAN KPU PERUBAHAN, BAWASLU: KEGIATAN YANG MELIBATKAN BANYAK ORANG DILARANG   IMIGRASI BALI MENCATAT WARGA NEGARA RUSIA TERBANYAK DIDEPORTASI SEPANJANG TAHUN 2020   WALI KOTA RAHMAT EFFENDI SEBUT TERSISA 155 DARI 727 TEMPAT TIDUR ISOLASI DI SEJUMLAH RS KOTA BEKASI   SEKDA KABUPATEN KUPANG, NTT, OBED LAHA POSITIF COVID-19    JAKSA MENILAI MANTAN DIRUT PT ASURANSI JIWASRAYA HENDRISMAN RAHIM SEBABKAN KERUGIAN NEGARA RP 16,8 TRILIUN    JAKSA PENUNTUT UMUM KEJAGUNG TUNTUT MANTAN DIRUT PT ASURANSI JIWASRAYA HENDRISMAN RAHIM HUKUMAN 20 TAHUN PENJARA   PEMKOT JAKARTA UTARA SIAPKAN 10 POMPA YANG TERSEBAR DI 6 KECAMATAN JELANG MUSIM HUJAN   BNPB SEBUT BANJIR BANDANG SUKABUMI AKIBAT SEDIMENTASI SUNGAI DAN HUJAN LEBAT