Kompas TV TALKSHOW rosi

Alasan Pemerintah Datangkan Tenaga Kerja Asing Asal China - ROSI

Kompas.tv - 8 Agustus 2020, 20:58 WIB

KOMPAS.TV - Masuknya TKA asal Tiongkok menimbulkan reaksi negatif, terlebih kedatangan mereka di tengah masa pandemi dimana banyak pekerja lokal mengalami pemutusan kerja.

Merespon hal ini, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan tidak ada yang salah dengan persepsi tersebut, karena hal itu menunjukan kepedulian masyarakat agar pemerintah memperluas kesempatan kerja.

Pemerintah melihat masuknya TKA menjadi upaya pemerintah untuk memperluas kesempatan kerja bagi pekerja lokal.

Ida Fauziyah juga menambahkan mengapa TKA Tiongkok yang dipekerjakan untuk posisi dan sektor tertentu karena teknologi yang digunakan berbahasa Mandarin dan hanya bisa dioperasikan oleh mereka.

Namun, Menaker memastikan harus ada transfer of knowledge dari pekerja asing kepada pekerja lokal, agar ke depannya bisa dilanjutkan oleh pekerja lokal.

Selain itu Ida Fauziyah mengatakan bahwa keberadaan TKA di Indonesia hanyalah 4% dari total pekerja lokal,  dan keberadaan mereka di Indonesia, dibatasi oleh waktu maksimal selama satu tahun. Selain itu para TKA ini juga tidak dapat menempati posisi dan sektor tertentu.

Selengkapnya, hanya di dialog Rosianna Silalahi bersama Ida Fauziyah (Menteri Ketenagakerjaan), Juliari Batubara (Menteri Sosial), dan Sis Apik Wijayanto (Direktur Hubungan Lembaga BNI) dalam Talkshow ROSI episode Diguncang Resesi, Kita Bisa Apa? Tayang 6 Agustus 2020 WIB di Kompas TV Independen Tepercaya.

Jangan lewatkan dialog seru lainnya di program ROSI setiap hari Kamis pukul 20.00 WIB hanya di @kompastv. Independen Tepercaya.

Dan follow akun Instagram talkshow ROSI @rosi_kompastv juga Twitter di @Rosi_KompasTV.

#RosiKompasTV #TalkshowRosi #Rosi #KompasTV #Talkshow



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x