Kompas TV internasional kompas dunia

Donald Trump Beri Janji Berani Jika Kembali Terpilih sebagai Presiden AS

Kompas.tv - 8 Agustus 2020, 15:49 WIB
donald-trump-beri-janji-berani-jika-kembali-terpilih-sebagai-presiden-as
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (Sumber: AFP/ Timothy A. Clary)
Penulis : Haryo Jati

NEW JERSEY, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump menebar janji jika dirinya bisa kembali terpilih sebagai Presiden AS.

Trump menegaskan dirinya akan secepat mungkin mencapai kesepakatan dengan Korea Utara.

Meski hubungan AS dan Korea Utara kerap memanas, khususnya karena program nuklir, namun sudah dua kali terjadi pertemuan antara kedua pemimpin negara.

Baca Juga: Serang Rival Politiknya, Donald Trump: Joe Biden Melawan Tuhan

Dia pun menilai jika diberikan waktu lebih lama memimpin AS, dirinya bakal menemukan perdamaian dengan Korea Utara yang selama ini dikenal sebagai musuh negaranya.

“Saya akan membuat pernyataan, jika bisa menang kami akan melakukan perjanjian dengan Iran dan Korea Utara secepatnya,” ujar Trump pada konferensi pers di New Jersey, Jumat (7/8/2020) dikutip dari NK News.

Trump juga mengungkapkan dirinya berhasil menghindarkan AS dari perang dengan Korea Utara setelah melakukan pertemuan dengan Kim Jong-un pada 2018.

“Jika saya tak menang pemilihan 2016, negara kami mungkin dan saat ini sedang perang dengan Korea Utara. Itu akan jadi perang yang buruk. Semua orang mengatakan Trump membawa kita berperang, tapi yang terjadi sebaliknya,” katanya.

Baca Juga: Presiden Trump Sebut Ledakan di Lebanon Kemungkinan Bom

“Kami saat ini memiliki hubungan dengan Korea Utara, sesuatu yang sebelumnya tak pernah terjadi di pemerintahan sebelumnya,” tambahnya.

Pada pertemuan Trump dan Kim Jong-un yang pertama di Singapura pada 2018, keduanya telah sepakat untuk mencapai hubungan yang lebih baik.

Korea Utara juga dikabarkan siap mengurangi program nuklir mereka. Sayang pada pertemuan kedua di Hanoi pada 2019, tak ada kesepakatan yang tercapai.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.