Kompas TV nasional sosial

Siang Ini Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka

Kompas.tv - 8 Agustus 2020, 11:34 WIB
siang-ini-pendaftaran-kartu-prakerja-gelombang-4-dibuka
Ilustrasi: Kartu Prakerja. (Sumber: Prakerja.go.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setelah mengalami penundaan, pemerintah kembali membuka pendaftaran program Kartu Prakerja pada siang hari ini. Ini merupakan program Kartu Prakerja Gelombang ke-4.

Dalam video conference, Jumat (7/8/2020), Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Sesmenko) Susiwijono Moegiharso mengatakan, pembukaan pendaftaraan peserta Kartu Prakerja gelombang IV akan dilakukan pada pukul 12.00 WIB siang ini.

Pemerintah akan membuka pendaftaran dengan kuota sebanyak 800.000 peserta.

Sementara mengenai besaran nilai insentif yang akan diterima peserta tidak berbeda dengan peserta Kartu Prakerja sebelumnya, yakni Rp3,55 juta. 

Insentif tersebut terdiri atas voucher Rp1 juta untuk membeli pelatihan yang ditawarkan Ruangguru, Tokopedia, Bukalapak, Belajar Apa, Pintaria, Sekolahmu, Pikar Mahir dan Sisnaker. Setelah menyelesaikan pelatihan peserta akan mendapatkan insentif sebesar Rp2,4 juta yang masing-masing besarannya Rp600.000 ribu per bulan.

Peserta juga akan mendapatkan insentif dari pengisian survei sebesar Rp150.000 untuk tiga kali survei. 

Baca Juga: Diundur, Pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang ke-4 Dibuka Pekan Depan

Susi menjelaskan penundaan pendaftaraan program Kartu Prakerja Gelombang ke-4. Menurutnya hal ini dikarenakan pihak manajemen pelaksana bersama dengan Komite Prakerja melakukan perbaikan tata kelola pelaksanaan program. 

Saat ini, pelaksanaan program Kartu Prakerja didasarkan pada Peraturan Presiden (Perpres) nomor 76 tahun 2020 sebagai perubahan atas Perpres nomor 36 2020, serta peraturan turunannya yankni Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) nomor 11 tahun 2020. 

"Perpres 76 dan Permenko 11 menjadi dasar dalam pembukaan batch 4 dan ke depan kita berharap ini menjadi perhatian stakeholder terutama aspek tata kelola sudah terjawab semua," jelas dia, seperti dikutip dari Kompas.com.

Pemerintah Batal Buka Pendaftaran
Pemerintah batal membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang ke-4 pada akhir Juli kemarin.

Pembatalan pembukaan pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang ke-4 dikarenakan masih diselesaikannya Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian (Permenko) yang merupakan turunan dari Peraturan Presiden (Perpres) No. 76 Tahun 2020.

Baca Juga: Bakal Dibuka Gelombang 4, DPR: Harus Ada Evaluasi Pelaksanaan Kartu Prakerja

"Beberapa kesepakatan dari berbagai Kementerian dan Lembaga juga sedang diproses. Di sisi operasi, Manajemen Pelaksana sedang menyiapkan hal-hal teknis untuk mengakomodasi Perpres, Permenko baru dan arah kebijakan Komite," kata Manajemen Pelaksana Prakerja dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (1/8/2020).

Pemerintah berjanji akan membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang ke-4 pada pekan depan.

"Segera setelah diputuskan oleh Komite maka Manajemen Pelaksana akan membuka pendaftaran gelombang 4 yang diperkirakan sebelum akhir pekan depan," lanjutnya. 

Manajemen Pelaksana memastikan kuota gelombang IV pada pendaftaran program Kartu Prakerja kali ini lebih banyak dibandingkan gelombang sebelumnya. 
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.