Kompas TV video cerita indonesia

Kemensos Salurkan Bansos Tunai Gelombang Kedua di Kota Bandung

Kompas.tv - 7 Agustus 2020, 16:43 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Sosial mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) gelombang kedua kepada masyarakat yang terdampak pandemi covid-19, di Bandung, Jawa Barat.

Kota Bandung menjadi daerah pertama disalurkannya BST gelombang dua yang juga dilakukan secara serentak di Indonesia. Penyaluran BST gelombang kedua dilakukan pada Juli hingga Desember 2020.

Menteri Sosial Juliari Pieter Batubara meninjau langsung penyaluran BST di kota bandung tepatnya di kantor PT Pos Indonesia cabang Cikutra, Jalan Penghulu Haji Hasan Mustofa.

"Untuk para penerima bantuan BST gelombang II, merupakan keluarga yang tercantum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) ataupun yang diusulkan pemerintah daerah," ujar Juliari.

Sebanyak 369 keluarga penerima manfaat yang tinggal di Kelurahan Sukapada menerima BST tahap empat atau disebut dengan BST gelombang dua kali ini.

Total nilai BST untuk Kota Bandung untuk tahun 2020 adalah sebesar Rp 212,9 miliar yang disalurkan ke 59.151 KPM. Sedangkan total nilai BST yang disalurkan di Provinsi Jawa Barat adalah sebesar Rp 3,8 triliun untuk 1 juta KPM.

"Jadi program ini merupakan kelanjutan dari BST sebelumnya dengan nilai sebesar Rp 600.000 per bulan, yang telah dibagikan melalui tiga tahap. Jumlah anggaran yang kami gelontorkan untuk BST gelombang I dan II mencapai Rp 32,5 triliun," lanjut Juliari.

Secara keseluruhan bansos tunai gelombang dua ini akan disalurkan ke 9 juta keluarga terdampak covid-19, dengan nilai bantuan sebesar 300 ribu rupiah per keluarga selama 6 bulan ke depan, hingga akhir tahun 2020.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x