Kompas TV klik360 cerita indonesia

Mahasiswa Surabaya Buat Wastafel Inframerah untuk Tugas KKN

Jumat, 7 Agustus 2020 | 15:30 WIB

SURABAYA, KOMPAS.TV - Sekelompok mahasiswa di Surabaya, membuat wastafel dengan teknologi infrared atau inframerah. Wastafel yang diberi nama Winner Three in One ini merupakan inovasi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya untuk tugas KKN mereka.

Winner 3-in-1 adalah alat pencuci tangan berbasis sensor infrared atau inframerah. Kelebihan alat pencuci tangan ini adalah menggabungkan 3 langkah cuci tangan dalam 1 unit, yakni air bilas, air sabun dan pengering, tanpa harus menyentuh tombol apapun.

Dengan fitur otomatis ini, maka sentuhan kepada objek pun bisa diminimalisasi. Sehingga, bisa menghindari penularan virus corona. Dalam pengoperasiannya, wastafel ini bisa diisi daya menggunakan power supply ac-dc.

Pembuatan alat pencuci tangan winner 3-in-1 menghabiskan dana Rp 1,5 juta per unitnya. Unit winner 3-in-1 bisa digunakan di lingkungan masjid atau sudut-sudut permukiman, agar masyarakat semakin sadar pentingnya menjaga kebersihan diri untuk mencegah penularan virus corona.

Baca Juga: Mengubah Drum Bekas Menjadi Wastafel Otomatis
 

Editor : Laura Elvina



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:53
PANDEMI KORONA, PEMKAB PROBOLINGGO WAJIBKAN PABRIK SEDIAKAN RUMAH SEHAT   LPSK SIAP LINDUNGI SAKSI DALAM KASUS KEBAKARAN GEDUNG KEJAGUNG    KPU SIDOARJO SIAPKAN BILIK KHUSUS PEMILIH BERSUHU TUBUH DI ATAS 37,3 DERAJAT CELSIUS DI TPS    PEMPROV NUSA TENGGARA BARAT TARGETKAN PRODUKSI 1.000 UNIT SEPEDA LISTRIK   KEMENTERIAN SOSIAL BERIKAN 8.000 PAKET SEMBAKO UNTUK WARGA SEMARANG   PEMPROV RIAU SEDIAKAN FASILITAS ISOLASI UNTUK 1.521 PASIEN COVID-19 DENGAN GEJALA RINGAN DAN TANPA GEJALA   KEMENTERIAN PUPR: PENYERAPAN PROGRAM BANTUAN STIMULAN PERUMAHAN SWADAYA CAPAI 84,3 PERSEN   KETUA MPR MINTA KPU BERSINERGI DENGAN DUKCAPIL MEMVERIFIKASI DAN MEMUTAKHIRKAN DATA PEMILIH PADA PILKADA 2020   LPSK HARAP PEMERINTAH BENAHI PROSES PERIZINAN DALAM PEREKRUTAN & PENEMPATAN ANAK BUAH KAPAL (ABK)   TINGKATKAN PENDAPATAN PETANI, PEMKAB MALANG, JATIM, DORONG INOVASI DI SEKTOR PERTANIAN    KEMENTERIAN PERDAGANGAN AKAN TERUS GENCARKAN PROMOSI PRODUK BERBASIS GEOGRAFIS   PILKADA 2020, KETUA DPR MINTA KPU DAN BAWASLU SOSIALISASIKAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 SECARA RINCI DAN MASIF   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL, AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL   BACA ANALISIS ISU TERKINI + RIBUAN E-BOOK DIGITAL PILIHAN. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL