Kompas TV regional berita daerah

5 Proses Ini Akan Dilalui Relawan Uji Coba Vaksin

Kompas.tv - 7 Agustus 2020, 14:28 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS. TV - Selama proses uji klinis yang akan berlangsung selama 7 bulan terdapat 5 kali kunjungan yang harus dijalani oleh relawan ujicoba vaksin sinovac  dilakukan dua kali penyuntikan dosis vaksin  dengan prosedur sebagai berikut.

Kunjungan pertama:

Calon subjek melakukan kunjungan pertama,  yang akan dimulai pada 11 agustus  dalam kunjungan ini ada beberapa tes kesehatan yang harus dijalani calon subjek, tes swab juga akan dilakukan pada tahap ini.  Selain tes kesehatan  dalam kunjungan pertama  calon subjek juga akan diberikan pemahaman tentang resiko dan keuntungan dalam uji klinis tahap 3 ini sebelum dimintai persetujuan secara legal dengan menandatangani dokumen.

Kunjungan kedua:

Dilangsungkan 3 hari setelah kunjungan pertama  dalam kunjungan ini  hasil tes swab p-c-r calon subjek telah didapatkan jika negative  barulah calon subjek dapat menjalani pemeriksaan selanjutnya  yakni tese kesehatan dan rapid tes. Jika hasil dari kedua tes tersebut positif  calon subjek akan kembali diminta persetujuan mengikiuti penelitian ini  tidak ada pemaksaan dalam proses persetujuan ini.

 

Setelah calon subjek setuju  barulah vaksin atau placebo akan dicobakan kepada calon subjek di pertemuan ini.

Kunjungan ketiga:

Dilakukan 14 hari setelah dosis vaksin pertama disuntikan dalam kunjungan ini tim dokter yang terdiri dari dokter spesialis dan dokter umum melakukan pengawasan dan mengobservasi para relawan.

 

Kunjungan keempat:

Juga diakukan 14 hari setelah vaksin dosis kedua ini dilberikan  prosedur yang dilakukan pada subjek yakni pengambilan sampelk darah.

 

Kunjungan kelima :

Dilakukan 6 bulan setelah kunjungan keempat  disini,  subjek juga diambil sampel darahnya  untuk melihat hasil dari proses uji klinis tahap 3 ini.

Untuklebihtahuberitater-update seputarJawa Barat, bisaklink link di bawah .

IG :https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube :https://www.youtube.com/c/kompastvjawabarat/

Twitter :https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook :https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x