Kompas TV regional berita daerah

Tidak Semua Sekolah Alokasikan Dana Bos Untuk Kuota Internet Siswa, Hanya Untuk Guru dan TU

Kompas.tv - 6 Agustus 2020, 23:22 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV – SMP Negeri 10 Banjarmasin memilih menggunakan bantuan kuota dari Dana BOS hanya  untuk  kalangan guru dan tata usaha. Banyaknya jumlah siswa menjadi alasan, lantaran dana bos diyakini sekolah tak mencukupi kebutuhan para siswanya.

Kepala SMP Negeri 10 Banjarmasin, Saifudin Zuhri mengatakan Dana BOS yang dikucurkan untuk kegiatan ekskul dialihkan ke fasilitas protokol kesehatan seperti pengadaan  tempat cuci tangan, sabun, hand sanitizer serta  thermo gun. Termasuk pemberian kuota bagi para guru beserta tata usaha.

“Kami cuma bisa memberikan kepada guru dan tata usaha. Kalau siswa saya rasa belum bisa mengingat keterbatasan dana,” ucapnya kepada jurnalis kompas.tv.

Baca Juga: Sekolah Gunakan Dana BOS Untuk Beli Kuota Internet Siswa Kurang Mampu

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Banjarmasin Totok Agus Daryanto mempersilakan sekolah membantu para murid dan guru untuk membeli kebutuhan kuota selama proses belajar daring.

“Kalau memang didalam analisanya dimungkinkan untuk membantu siswa dalam hal pulsa silakan. Tetapi analisa dan pertanggungjawaban diserahkan kepada sekolah, karena lebih mengetahui secara pasti struktur kebutuhannya,” ujar Totok Agus Daryanto.

Baca Juga: Masjid Sediakan Fasilitas WiFi Gratis Untuk Bantu Siswa Sekolah Daring

Kepala Dinas Pendidikan Banjarmasin Totok Agus Daryanto juga mengakui beberapa sekolah  terkendala analisa kebutuhan siswa yang layak menerima. Sehingga perlu dilakukan pendataan ulang sebelum memberikan bantuan pada siswa.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x