> >

TRC BPBD Selamatkan Pendaki Gunung Terjatuh dan Cidera

Berita daerah | 23 Juni 2020, 11:02 WIB

LUMAJANG, KOMPAS.TV – Pendaki Gunung Lemongan yang mengalami cidera kaki saat mendaki, akhirnya dapat diselamatkan Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulagan Bencana Daerah Kabupaten Lumajang Jawa Timur pada Senin siang (22/06).

Dengan susah payah, TRC BPBD Kabupaten Lumajang menyelamatan Dwi Putri Handayani, pendaki asal Banyuwangi. Korban terpaksa ditandu karena kakinya cidera akibat terjatuh saat turun dari puncak gunung Lemongan.

Dengan menahan rasa sakit, korban menceritakan kejadian yang menimpanya. Ia mengaku saat itu sedang turun dari puncak gunung Lemongan dan melewati medan berpasir. Entah bagaimana mulanya, ia tiba-tiba terjatuh hingga mengalami cidera kaki. 

Baca Juga: 2 Pendaki Gunung Lemongan Terjatuh dan Cidera

Petugas TRC BPBD Lumajang, Bagus mengatakan proses penyelamatan korban, sempat mengalami kendala medan dan cuaca ekstrim. Bahkan petugas TRC harus menginap semalam untuk menunggu cuaca reda.

Pihak Perhutani selaku penanggung jawab wilayah mengaku tidak mengetahui jika ada pendaki masuk ke kawasan gunung Lemongan.

Asper Klakah, Aris mengaku pihaknya telah menutup jalur pendakian gunung Lemongan, karena di masa pandemi Covid-19, seluruh tempat wisata harus tutup. Aris memastikan para pendaki tersebut tidak izin memasuki kawasan Gunung Lemongan. 

Selain Dwi Putri Handayani, pendaki lain, yakni Daitia Edelwise, warga Kecamatan Lumbang probolinggo juga mengalami cidera di bagian pelipis mata, karena terkena ranting saat terjatuh.

#PendakiGunung #Lemongan #BPBD

Penulis : KompasTV-Jember

Sumber : Kompas TV


TERBARU