> >

Olimpiade Tokyo 2020 Ditunda, NOC Indonesia Respon Positif Keputusan Jepang

Kompas sport | 26 Maret 2020, 21:37 WIB

KOMPAS.TV - Komite Olimpiade Internasional atau IOC, serta penyelenggara Olimpiade 2020 Tokyo resmi menunda olimpiade musim panas 2020 di Tokyo akibat wabah virus corona atau Covid-19. Ajang yang dijadwalkan semula pada 24 Juli 2020 kini ditunda hingga pertengahan tahun 2021.

Sebelumnya, pada 2 Maret 2020 pemerintah Jepang mulai menutup akses kedatangan turis guna meminimalisasi penyebaran virus corona.

Hal ini membuat simpang siur kabar Olimpiade 2020 ditunda semakin kencang.

Lalu tepat pada 24 Maret 2020, WHO meminta Olimpiade 2020 ditunda mengingat resiko penyebaran corona semakin tinggi jika olimpiade tetap dilaksanakan.

Keputusan dilakukan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe bersama Presiden IOC Thomas Bach didampingi Presiden TOGOC Yoshiro Mori.

NOC Indonesia merespon positif penundaan olimpiade ini sebagai keputusan yang bijak guna melindungi kesehatan para atlet. Hal-hal teknis seperti kualifikasi yang dilakukan para atlet akan ditanyakan langsung pihak NOC Indonesia.

Indonesia telah memastikan enam atletnya untuk berlaga di Olimpiade Tokyo 2020.

Keenam dari atlet tersebut di antaranya adalah Lalu Muhammad Zohri dari cabang olahraga atletik, Eko Yuli Irawan dan Windy Cantika dari angkat besi, serta Vidya Rafika dari cabang menembak air rifle putri.

Penulis : Christandi-Dimas

Sumber : Kompas TV


TERBARU