> >

Wajib Tahu! Ini Gejala Awal Infeksi Virus Corona dari Hari ke Hari

Cerita indonesia | 17 Maret 2020, 20:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kasus positif terinfeksi virus Corona bertambah di Indonesia. Perlu bagi kita mengetahui apa saja gejala awal infeksi virus Corona dari hari ke hari agar kita bisa mendapat penanganan yang benar dan tak menulari orang lain jika benar-benar positif Virus Corona.

Lalu, apa saja gejala awal infeksi virus Corona dari hari ke hari? Berikut penjelasannya dilansir dari kompas.com (16/3/2020):

Ilustrasi Virus Corona (Sumber: Shutterstock)

Baca Juga: Virus Corona, Kenali Gejala dan Cara Mencegahnya

Hari ke-1
Pasien mengalami demam. Tubuhnya mungkin juga mengalami semacam kelelahan, nyeri otot, dan batuk kering. Ada pula yang mengalami diare atau mual satu atau dua hari sebelumnya.

Hari ke-5

Ada pasien yang mengalami kesulitan bernapas. Kondisi ini biasanya terjadi pada mereka yang berusia lanjut atau memiliki riwayat penyakit lain sebelumnya.

Hari ke-7
Pada hari ke-7 merupakan waktu rata-rata pasien masuk ke rumah sakit. 

Baca Juga: 2 Rumah Sakit Ini Fokus Tangani Corona, Tak Lagi Terima Pasien Umum

Hari ke-8
Pada pasien yang mengalami kondisi parah, sekitar 15 persen mengalami sindrom gangguan pernapasan akut. Saat ini terjadi, cairan telah memenuhi paru-paru, dan sering kali berakibat fatal.

Hari ke-10

Ketika gejala memburuk, pasien akan dibawa ke ICU. Biasanya, mereka mengalami gangguan pada bagian perut, dan kehilangan nafsu makan. Pada rentang waktu ini, sebagian kecil meninggal, yakni 2 persen.

Hari ke-17

Setelah menjalani perawatan selama lebih kurang 2,5 minggu, pasien yang kondisinya membaik biasanya sembuh dan keluar dari rumah sakit.

Baca Juga: Kemenkes: Pasien Positif Corona Bisa Isolasi Mandiri di Rumah

Penulis : Sadryna-Evanalia

Sumber : Kompas TV


TERBARU