> >

Ekonom Ungkap Sektor yang Potensial Menopang Pertumbuhan Ekonomi Kuartal IV

Ekonomi dan bisnis | 8 November 2021, 10:04 WIB

 

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (Sumber: THINKSTOCKS)

JAKARTA, KOMPAS.TV –  Sektor jasa perdagangan dan pertambangan dipandang menjadi sektor usaha yang berpeluang besar menjadi tumpuan pertumbuhan ekonomi, terlebih pada tiga bulan terakhir ini.

“Kedua sektor ini erat kaitannya dengan permintaan luar negeri yang berkaitan dengan ekspor dan dengan pemulihan daya beli di dalam negeri,” ujar Direktur  Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira, Minggu (7/11/2021), dikutip dari Kontan.co.id.

Lebih jauh, CELIOS memperkirakan ada beberapa sektor usaha yang berpeluang mendorong pemulihan ekonomi pada kuartal IV-2021. Selain kedua sektor tersebut, menurut Bhima, lapangan usaha jasa keuangan berpotensi memberi kontribusi positif.

Apalagi, di tengah pertumbuhan kredit bank yang mulai positif.  Sektor Informasi Telekomunikasi juga bisa menjadi primadona, mengingat masih ada peluang pembelajaran maupun pekerjaan yang dilakukan secara daring.

Sektor pertanian juga masih bisa menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi kuartal IV-2021, mengingat sektor ini mencatat pertumbuhan yang selalu positif.

Baca Juga: Sikapi COP26 Glasgow, Walhi: Perdagangan Karbon Solusi Palsu Atasi Krisis Iklim

“Hanya saja, selama beberapa bulan terakhir terjadi pelemahan harga jual gabah di level petani, risiko cuaca ekstrem, dan berkurangnya tenaga kerja di pedesaan karena peralihan tenaga kerja ke industri kota besar,” papar Bhima.

Dengan melihat kontributor pertumbuhan pada kuartal IV-2021, Ia berharap pemerintah makin maksimal dalam mendorong pertumbuhan sektor-sektor tersebut, terlebih sektor industri pengolahan.

Apalagi, salah satu yang menjadi masalah terkait industri pengolahan saat ini adalah kelangkaan kontainer dan mahalnya biaya pengiriman barang ekspor dan impor bahan baku. 

Penulis : Fransisca Natalia Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV/Kontan.co.id


TERBARU