> >

Sambut HUT RI, Menag Ajak Tokoh Ulama dan Masyarakat Giat Kampanyekan 5M+1D

Peristiwa | Minggu, 1 Agustus 2021 | 21:18 WIB
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Quomas. (Sumber: Dok. Kemenag)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas mengajak seluruh elemen baik dari pemerintahan, tokoh ulama, hingga tokoh masyarakat untuk giat mengampanyekan 5M + 1D kepada seluruh lapisan masyarakat.

Adapun 5M + 1D yang dimaksud Menag, meliputi memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menghindari kerumunan, dan doa.

“Kampanye kedisiplinan penerapan protokol 5M + 1D perlu dimasifkan agar menjangkau seluruh lapisan masyarakat di mana pun,” kata Menag dalam acara Zikir dan Doa Kebangsaan 76 tahun Indonesia Merdeka tahun 2021 secara virtual, Minggu (1/8/2021) malam.

Selain itu, dalam acara menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI), Menag juga menjelaskan pentingnya doa sebagai bentuk pelengkap untuk tetap bersyukur dan menyempurnakan ikhtiar dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang belum usai.

Baca Juga: Temui Dubes Arab Saudi, Kemenag Harap Jemaah Indonesia Bisa Berangkat Umrah

Terlebih untuk kedua kalinya, Indonesia merayakan Kemerdekaan di masa pandemi.

Sehingga Menag mengajak seluruh masyarakat untuk menundukkan kepala, bersimpuh, dan memuji keagungan Tuhan demi menambah kekuatan iman dan ketabahan.

“Sebagai umat beragama hendaknya kita semua melengkapinya dengan zikir dan doa kepada Allah SWT, Tuhan yang Maha Bijaksana menghadapi pandemi yang hingga kini juga belum usai perlu masing-masing kita untuk menundukkan kepala bersimpuh dan memuji keagungan Tuhan menambah kekuatan iman dan ketabahan,” tambahnya.

Kendati begitu, Menag mengingatkan masyarakat untuk tetap bersatu bersama dengan pemerintah dan seluruh jajaran agar bisa berperan aktif dalam mensosialisasikan protokol kesehatan dan memberi contoh nyata kepada sesama masyarakat.

Baca Juga: Kemenag: Pengendalian Pandemi di Tanah Air akan Berdampak pada Proses Penyelenggaraan Umrah

Penulis : Nurul Fitriana Editor : Hariyanto-Kurniawan

1
2

Sumber : Kompas TV



TERBARU