> >

Bupati Mukomuko Surati Menkominfo Minta Blokir Game Online Free Fire, PUBG, hingga Mobile Legends

Peristiwa | 23 Juni 2021, 17:39 WIB
Ilustrasi bermain game online. (Sumber: Dok. Kompas TV)

MUKOMUKO, KOMPAS.TV - Sapuan, Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, meminta Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate untuk memblokir aplikasi game online, seperti Free Fire, PUBG, dan Mobile Legends.

Hal ini dibeberkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko, Bustari Maller dalam keterangan resminya, Selasa (22/6/2021).

Baca Juga: Diduga Kecanduan Game Online, Siswi SMP di Banyumas Meninggal dan Diketahui Alami Gangguan Saraf

Bustari Maller mengatakan, Bupati Sapuan meminta pemblokiran ini berlaku secara nasional atau di wilayah Mukomuko saja.

“Bupati telah menyampaikan surat permohonan untuk meminta Menkominfo melalui Direktorat Jenderal Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika memblokir ‘game online’ di wilayah Kabupaten Mukomuko,” ujar Bustari.

Bupati meminta pemblokiran game online itu usai mendapat banyak keluhan dari masyarakat soal banyaknya remaja yang masih sekolah memainkan permainan-permainan itu.

Menurut Bustari, Bupati Sapuan meminta memblokir game online, antara lain, game Higgs Domino, PUBG, Mobile Legends, Free Fire, dan berbagai game sejenis yang dapat diakses lewat ponsel atau komputer.

Baca Juga: Keren! Ini Cerita Ravalda Jadi Game Analyst Wanita Pertama

Menurut Bustari, game-game itu berdampak buruk pada perkembangan, kesehatan, hingga pendidikan anak-anak di wilayahnya.

“Mereka, anak-anak itu, telah menjadi pecandu game online sehingga kondisi seperti ini seharusnya segera mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat,” kata Bustari.

Penulis : Ahmad Zuhad Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV


TERBARU