> >

Wah, Ternyata Besok Gerhana Bulan Total Bisa Dilihat Tanpa Alat Bantu Optik!

Peristiwa | 25 Mei 2021, 22:00 WIB
Gerhana bulan istimewa Super Blood Wolf Moon mulai tampak sempurna dilihat dari Miami, Florida, Amerika Serikat, Minggu (20/1/2019). (Sumber: AFP/GASTON DE CARDENAS)

SOLO, KOMPAS.TV- Besok, Rabu (26/5/2021) petang, masyarakat di Indonesia dapat menyaksikan fenomena alam berupa gerhana bulan total (GBT).

Gerhana bulan total kali ini cukup spesial karena bertepatan dengan Hari Raya Waisak dan terjadi setiap 195 tahun sekali.

Artinya, fenomena tersebut baru akan kembali terjadi pada 10 Mei 2199, 21 Mei 2217, dan 16 Mei 2394.

Selain langka, gerhana bulan total juga memiliki sejumlah keunikan, di antaranya lebih terang 29,1 persen dibandingkan ketika apoge dan kecemerlangannya 15,6 persen lebih terang daripada rata-rata.

Peneliti Pusat Antariksa (Pusainsa) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Emmanuel Sungging, mengatakan, GBT dapat disaksikan pada Rabu petang (26/5/2021).

Baca Juga: Siap-siap! BMKG Sebut 34 Wilayah di Indonesia Ini Bisa Lihat Gerhana Bulan Total pada 26 Mei 2021

Meski dapat disaksikan di hampir seluruh wilayah, Sungging menyebut wilayah Timur Indonesia bisa menyaksikan proses gerhana secara lengkap dari awal dengan lebih baik dari wilayah lainnya.

Untuk menyaksikannya, tidak dibutuhkan alat bantu optik tertentu.

"Buat masyarakat umumnya, ya, bisa menikmati gerhana tanpa harus berkerumun, bisa dari rumah masing-masing menikmati saat senja hari," kata dia seperti dilansir dari Kompas.com.

Untuk memantau gerhana bulan total, masyarakat juga dapat menikmatinya secara online melalui link berikut: Link Gerhana Bulan Total

Sebenarnya apa itu gerhana bulan total atau disebut juga Super Blood Moon?

Penulis : Gading Persada Editor : Eddward-S-Kennedy

Sumber : Kompas TV


TERBARU