Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Gempa Banten Berpusat di Gunung Krakatau | News Or Hoax

Kompas.tv - 24 Januari 2022, 09:20 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Beredar informasi di media sosial facebook yang menyebutkan gempa 6 koma 7 di Banten yang dirasakan hingga Jabodetabek pada jumat, 14 januari lalu berpusat di gunung krakatau. Informasi tersebut disebarkan satu jam setelah gempa di banten terjadi.

Kepala bidang mitigasi gempa bumi dan tsunami BMKG Daryono menyatakan gempa yang terjadi di banten satu minggu lalu tidak ada hubungannya dengan gunung krakatau. Daryono menyatakan, gempa yang terjadi di banten merupakan gempa tektonik. Gempa tektonik adalah jenis gempa yang disebebkan oleh pergeseran lempeng. Sementera gempa yang berkaitan dengan aktivitas magma dan gunung berapi disebut dengan gempa vulkanik.

Apabila kita melihat peta di google, gunung krakatau tampak berada di selat sunda. Sementara pusat gempa yang terdeteksi oleh bmkg berada jauh dari gunung. Jadi informasi yang beredar mengenai gempa banten merupakan gempa gunung krakatau adalah tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.